Terungkap! Ada Kemiripan Melodi antara Lagu ABBA dan Benyamin S
Benyamin Sueb dan Ida Royani (Instagram @benyaminsueb.id)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang content creator dengan nama akun Instagram @fanniraz  beberapa waktu lalu menemukan kemiripan melodi antara lagu Bul Bul Efendi milik Benyamin S bersama Ida Royani dan lagu Gimme! Gimme! Gimme! milik ABBA.

Menariknya, pemilik akun bernama lengkap Fanny Ismiraz ini menyebutkan, lagu dari seniman legenda asal Betawi itu keluar setahun lebih dulu dari Gimme! Gimme! Gimme!.

"Alm. Benyamin Sueb merilis lagu Bul Bul Efendi pada tahun 1978. Setahun kemudian lagu Gimmie! Gimme! Gimme! dirilis oleh ABBA. Yang menarik adalah adanya kesamaan nada dalam kedua lagu tersebut," tuturnya.

Jadi, apa benar ABBA plagiat terhadap lagu dari Benyamin S? Atau ini hanya kebetulan?

Belum ada yang tahu mengenai hal itu.

Namun, yang jelas, keduanya adalah artis legendaris yang sudah melahirkan berbagai karya hebat di sepanjang perjalanan karier mereka.

Apalagi, Benyamin S selain berkiprah di dunia tarik suara, ia juga pelawak dan pemain film yang kerap menghiasi dunia hiburan Tanah Air sejak era 50-an.

Dedikasinya terhadap dunia seni, mampu membawanya ke dalam daftar The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Berbagai lagu Benyamin yang paling sering diputar di Spotify antara lain yakni Malam Minggu/Nonton Bioskop, Hujan Gerimis, Kompor Meleduk, dan masih banyak lainnya.

Sementara ABBA, adalah unit pop disko asal Swedia yang dibentuk Agnetha Fältskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson, dan Anni-Frid Lyngstad pada 1972.