Legenda Buaya Putih Asal Sungai Bekasi
Ilustrasi Buaya Putih (Pixabay)

Bagikan:

Bekasi - Bagi warga asli Bekasi, tentunya pernah mendengan usut-usut kalau di salah satu sungai besar di kota ini terdapat Legenda Buaya Putih. Bagi kaum millenial, tentunya kita cenderung mengabaikan dan tidak memedulikan cerita-cerita tersebut. Namun, justru dengan legenda-legenda ini lah turut memperkaya kemajemukan budaya sastra di Tanah Air tercinta.

Namanya juga cerita rakyat, tentunya kisah-kisah yang di luar nalar itu disebarkan secara turun-temurun. Begitupun ke saya sendiri, yang merupakan warga asli Kota Bekasi.

Awal Mula Legenda Buaya Putih

Dahulu kala, hiduplah seorang saudagar kaya dan anak gadisnya yang tinggal di Sungai Bekasi. Gadis itu tumbuh menjadi seorang wanita yang cantik dan juga memiliki ilmu yang sangat tinggi dalam hal bela diri. Karena tak kunjung menikah, ayahnya mengadakan sebuah sayembara yang mana apabila calon menantu berhasil mengalahkan Sang Gadis dalam hal bela diri, maka orang tersebut dapat memperistrinya.

Berbagai pendekar pun berdatangan ingin menantang Sang Gadis. Pertandingan berlanjut, namun belum ada satu pun yang dapat mengalahkan Sang Gadis. Sesaat sebelum mengakhiri sayembara tersebut, tiba-tiba datang seorang pemuda gagah yang menantang Sang Gadis. Mereka pun bertanding. Begitu mengejutkan, pemuda gagah tersebut berhasil mengalahkan Sang Gadis. Alhasil, Sang Pemuda ini dibolehkan untuk menikahi Sang Gadis.

Setelah menikah, mereka dikaruniai seorang anak yang lucu

Pada suatu hari, Sang Pemuda ingin membicarakan sesuatu kepada Sang Gadis. Sang Pemuda memberi tahu suatu hal yang telah dirahasiakan kepadanya. Ternyata, Sang Pemuda merupakan jelmaan buaya putih dari Sungai Bekasi tersebut. Dia juga menjelaskan bahwa tujuan awal dia mengikuti sayembara tersebut adalah mendapatkan keturunan hybrid antara manusia dan buaya.

Sang Pemuda terpaksa melakukan itu karena kerajaan buaya sedang diancam dengan keberadaaan raja jahat yang sangat sakti. Tidak ada yang mampu menaklukkannya kecuali keturunan buaya-manusia. Oleh karena itu, Sang Pemuda ingin pergi membawa anaknya kembali ke sungai. Begitulah awal mula Legenda Buaya Putih dimulai.

Dengan berat hati, mereka harus berpisah. Sang Gadis pun mengamanahkan kepada warga sekitar agar tidak mengotori sungai tersebut.

Selain Legenda Buaya Putih ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!