BMKG Minta Warga Jaksel-Jaktim Waspadai Hujan Disertai Kilat pada Siang dan Sore
Ilustrasi (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat agar mewaspadai potensi hujan disertai kilat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Minggu siang dan sore hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari," demikian pernyataan peringatan dini BMKG yang dilansir Antara dari laman www.bmkg.go.id dikunjungi di Jakarta pada Minggu.

Disebutkan, cuaca pada pagi hari di seluruh wilayah DKI Jakarta diprakirakan cerah berawan.

Beranjak pada siang hari, wilayah administrasi Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprakirakan hujan ringan. Sementara wilayah Jakarta Timur diprakirakan hujan sedang dan Jakarta Selatan hujan disertai petir.

Pada malam hari, Kepulauan Seribu diprakirakan berawan sedangkan wilayah lainnya hujan ringan.

BMKG juga memprakirakan cuaca di wilayah penyangga Ibu Kota seperti Bogor dan Depok berpotensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari.

Hujan di wilayah Bogor mempengaruhi debit Bendung Katulampa yang melintas melalui Kali Ciliwung menuju ibu kota Jakarta. Sedangkan hujan di Depok berkontribusi pada peningkatan debit di hulu Kali Sunter.

Untuk wilayah penyangga lainnya, seperti Bekasi diprakirakan mengalami hujan disertai petir pada siang hari dan hujan sedang pada malam hari. Sedangkan di wilayah Tangerang diprakirakan hujan ringan pada siang hari.

Sementara itu, untuk suhu udara di provinsi DKI Jakarta diperkirakan berkisar 24-32 derajat Celcius. Sementara prakiraan kelembaban udara berkisar 70-95 persen.